Bamsoet Minta Pemerintah Lunasi Tunggakan Dana Insentif Nakes

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, MajalahPerwira – Tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19 di sejumlah wilayah, seperti di Kepulauan Bangka Belitung, hingga saat ini masih belum menerima dana insentif dari pemerintah pusat.

Meresponi hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah pusat menjelaskan kepada seluruh nakes yang ditugaskan menangani pasien Covid-19 agar penyaluran insentif nakes diberikan secara bergilir hingga Juni 2021, sehingga nakes diharapkan tetap bersabar.

“MPR juga meminta pemerintah agar memastikan seluruh nakes yang ditugaskan dalam penanganan pandemi Covid-19, seluruhnya telah terdata sebagai penerima insentif dari pemerintah,” kata politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, Selasa (20/4/2021).

Bamsoet menghimbau pemerintah pusat segera melakukan penelusuran terhadap permasalahan/kendala belum diterimanya insentif bagi nakes yang bertugas dalam penanganan pandemi Covid-19 di daerah-daerah.

“Sehingga hal tersebut dapat segera diketahui permasalahan penyaluran dan dapat diberikan penyelesaian atau solusi agar insentif tersebut dapat segera disalurkan sesuai data penerima insentif,” ujar Waketum Partai Golkar ini.

Bamsoet pun mendorong pemerintah pusat merespon secara baik dan cepat terhadap pihak rumah sakit yang telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait belum turunnya insentif tersebut.

“Serta memberikan penjelasan dan arahan apabila memang penyaluran insentif masih dalam proses verifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ataupun jika terdapat kendala dalam penyaluran insentif nakes tersebut,” tutur Ketua Umum IMI tersebut

Lebih lanjut, legislator asal Dapil Jateng 7 ini menyarankan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk berkomitmen memastikan insentif bagi nakes tetap akan diberikan dan dapat segera disalurkan serta tidak menjadikan permasalahan vaksin sebagai peralihan fokus pemerintah dalam menyalurkan insentif bagi nakes.

“Hal ini mengingat nakes berhak mendapatkan insentif tersebut sebagai salah satu bentuk apresiasi berjuang di garda terdepan dalam menangani pandemi Covid-19,” tutup Bamsoet. MP-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *