Firli Bahuri: Korupsi Dapat Dicegah Dengan Membangun Integritas Seseorang

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, MajalahPerwira  – KPK terus bekerja keras membangun integritas penyelenggara negara, agar supaya dalam diri para calon penyelenggara negara muncul budaya antikorupsi.

Demikian disampaikan Ketua KPK Komjen Firli Bahuri pada saat rapat kerja (raker) dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (10/3/2021).

Firli mengungkapkan, setidaknya KPK telah bekerja keras dengan 6 langkah yang telah dilakukan dan langkah tersebut terus dilakukan di tahun 2021.

“Antara lain KPK bekerjasama melalui koordinasi supervisi monitoring atas seluruh pelaksanaan tugas pokok KPK dan sekaligus menindak tegas kepada para pelaku koruptor,” ujar alumni Akpol 1991 ini.

Firli pun menegaskan, KPK tidak pernah berhenti membangun integritas Anak Bangsa supaya tidak terjadi korupsi, sekaligus memperbanyak agen penyuluh anti korupsi, agen pembangun integritas karena sesungguhnya korupsi muncul karena rendahnya integritas.

“Korupsi muncul karena ada kekuasaan dan ada kesempatan dan minusnya integritas. Hal itu tercantum dalam beberapa literatur yang kami baca corruption equal to power plus oppotunity minus integrity,” jelas Firli.

Lebih lanjut Firli mengaku, banyak orang yang bertanya pada dirinya mengapa orang yang memiliki piagam penghargaan antikorupsi malah dapat melakukan tindakan korupsi.

“Sesungguhnya siapa pun bisa menjadi koruptor, siapapun bisa terlibat korupsi, seketika integritasnya menurun dan melemah,” pungkas Firli. MP-RON

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *