Jokowi Ingatkan Kepolisian Tekan Ego Sektoral Dan Perkuat Kerjasama

  • Whatsapp
banner 468x60

MAJALAHPERWIRA.COM, JAKARTA – Menyambut Hari Bhayangkara ke-70, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajaran Kepolisian untuk menekan ego sektoral dan memperkuat kerjasama antar lembaga. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi sambutan dalam acara buka puasa bersama di Mabes Polri, Jumat (1/7/2016).

“Sebagai Bhayangkara negeri, yang tidak kalah penting adalah kemauan Polri, keikhlasan Polri menekan ego sektoral dan memperkuat kerja sama antar lembaga. Dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Kejaksaan, dan kesehatan hanya bisa diperangi, kejahatan bisa diberantas kalau kita bersatu. Kalau lembaga penegak hukun saling bahu-membahu,” pesan Jokowi.

Lebih lanjut, sama dengan pesannya yang dibacakan Kapolri Jendral Badrodin Haiti saat upaca peringatan Hari Bhayangkara, Jumat (1/7) pagi, Jokowi kembali mengingatkan akan tugas berat yang akan dihadapi Polri ke depannya.

Menurut Jokowi, tugas berat tersebut dapat dilalui dengan dua syarat. Pertama, menjaga kekompakan, menjaga soliditas di internal Polri. Kedua, keberanian untuk mereformasi diri.

“Saya ingin menekankan reformasi Polri menjadi kunci menghadapi masalah. Reformasi dari hulu sampai hilir, mulai dari sistem rekrutmen sampai pelayanan Polri kepada masyarakat. Mulai dari perubahan mental, perubahan pola pikir, sampai perubahan perilaku setiap anggota Polri,” kata Jokowi.

Reformasi tersebut, tegas Jokowi harus diwujudnyatakan dengan perubahan sikap dan perilaku yang lebih profesional, lebih berintergritas, dan penuh tanggung jawab. Seperti, tidak ada lagi pungutan, makelar kasus, diskriminasi dalam penegakan hukum dan menekankan pada perlindungan warga masyarakat.

Dengan dua syarat tersebut, Jokowi meyakinj kepercayaan masyarakat kepada Polri akan semakin meningkat.

Ucapkan Terimakasih Amankan Lalu Lintas Mudik dan Balik Lebaran

Tak lupa, dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Polri yang sedang bertugas menjaga keamanan, mengatur lalu lintas, memperlancar arus mudik menjelang Hari Raya Lebaran. Serta, penghargaan dan apresiasi kepada anggota Polri yang dengan penuh keberanian menumpas terorisme, melawan bandar narkoba, dan juga bekerja keras menangani kasus kriminal yang disoroti masyarakat.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi tidak hadir dalam upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-70 yang digelar di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, pada Jumat (1/7/2016) pagi.

Namun, pesan tertulia Jokowi dibacakan oleh Kapolri Jendral Badrodin Haiti selaku Inspektur Upacara.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *