Kebakaran Lapas Tangerang Tewaskan 40 Tahanan, Sufmi Dasco: Dirjen PAS Harus Lakukan Evaluasi!

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, MajalahPerwira – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bela sungkawa dan keprihatinan mendalam atas tragedi kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang, Rabu dini hari (8/9/2021) yang mengakibatkan 41 orang tahanan tewas.

“Ya pertama-tama tentunya saya selaku Wakil Ketua DPR RI menyatakan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan keprihatinan yang sangat mendalam atas musibah kebakaran di Lapas Tangerang di mana saya mendapat informasi tadi pagi telah terjadi pada 2.30 dini hari,” kata Dasco.

Read More

banner 300250

Dasco meminta aparat untuk segera memulihkan dan merawat korban selamat, namun tentunya para korban tersebut mengalami kondisi traumatik psikologis.

“Untuk itu kami minta kepada aparat penegak hukum supaya bergerak cepat memulihkan keadaan, merawat korban yang luka-luka, dan juga mendampingi secara psikologis bagi para tahanan yang dalam keadaan selamat tapi mengalami kondisi traumatik,” tegas Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini.

Dasco meminta, Dirjen Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk segera mengevaluasi sistem keamanan di setiap lapas di seluruh Indonesia agar hal serupa tidak terulang kembali.

“Untuk itu mari kita doakan semoga suasana cepat pulih dan ke depan kita minta kepada Dirjen PAS Kemenkumham untuk mengevaluasi tidak hanya di Tangerang tapi di semua lapas untuk penanganan sistem kebakaran supaya tidak terjadi kembali hal-hal seperti ini,” tegas Anggota Komisi III DPR RI ini.

Dasco pun menyadari masalah over capacity yang selama ini belum dapat teratasi, sehingga kerap kali membuat permasalahan di setiap lapas.

Oleh karenanya, legislator asal Dapil Banten 3 ini pun mendesak kepada pihak-pihak terkait agar permasalahan over capacity di lapas ini dapat dituntaskan.

“Ya kalau fenomena over capacity itu memang tidak bisa dihindari, karena memang sudah lama perbandingan antara kapasitas lapas dengan penghuni lapas tidak sebanding, sehingga memang diperlukan terobosan-terobosan agar over capacity di setiap lapas dapat dihindari,” pungkas Sufmi Dasco Ahmad.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *