MA Akan Memperketat Pengawasan Hakim

  • Whatsapp
banner 468x60

MAJALAHPERWIRA.COM, JAKARTA  – Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali mengklaim bahwa sistem pencegahan yang diterapkan di lembaga yang dipimpinnya sudah sangat luar biasa. Oleh karena itu, dia mengaku sudah tidak tahu lagi di mana celah yang mengakibatkan tertangkapnya dua panitera pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus) dalam dua bulan ini.

“Pencegahan oleh kami sudah luar biasa, kok masih terjadi. Ya sudah biarkan saja, biar bertanggung jawab,” kata Hatta usai menghadiri acara buka puasa bersama di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (1/7/2016).

Menurut Hatta, yang mungkin dilakukan MA adalah membiarkan panitera yang tertangkap tangan menerima suap tersebut mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum.

Namun, Hatta menegaskan bahwa MA akan memperketat lagi pengawasan dan akan membuka pengaduan dari masyarakat melalui pesan singkat atau aplikasi dalam smartphone.

“Kita sudah ketat. Pengawasan perlu diperketat lagi. Sudah cukup memberi tahu ketua masing-masing toh masih ada. Akan dibuka pengaduan oleh masyarakat lewat telepon genggam,” ujarnya.

Seperti diberitakan, KPK kembali menangkap tangan Panitera pada, Kamis (30/6/2016). Kini giliran Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Santoso yang dicokok atas dugaan menerima suap.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *