Maraknya Kebocoran Data, Sufmi Dasco: UU PDP Urgent Bagi Indonesia

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, majalahPerwira – Maraknya kebocoran data di Tanah Air membuat panik berbagai kalangan.

Banyak pihak menyebut, sudah saatnya Indonesia memiliki Undang-Undang (UU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) agar kebocoran data masyarakat dapat dihindari.

Read More
banner 300250

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, memang sudah saatnya Indonesia memiliki UU PDP.

“Ya memang saya sudah sampaikan beberapa waktu lalu terkait kebocoran-kebocoran data itu memang sudah waktunya dan mendesak untuk disahkan UU PDP,” kata Dasco kepada para awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (6/9/2021).

Dasco mengungkapkan, saat ini DPR RI dengan pemerintah masih terus menggodok formula yang tepat, agar UU PDP yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

“Nah saat ini sedang digodok di DPR antara DPR dengan pemerintah dengan diskusi yang panjang, dengan DIM yang memang begitu banyak. Mudah-mudahan bisa segera ada titik temu yang tentunya akan menghasilkan UU bagi rakyat dan bagi kita semua,” ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini.

Terkait kebocoran data kemarin, di mana hanya akun Presiden dan para pejabat saja yang dilindungi, Dasco pun berjanji akan menyampaikan hal ini kepada Komisi I DPR RI agar data di setiap akun yang dimiliki masyarakat juga harus dilindungi.

“Oleh karena itu nanti kita akan menyampaikan kepada Kemenkominfo dalam rapat Komisi I dengan Kominfo yang akan berlangsung dalam waktu dekat bagaimana solusinya dan bagaimana tindak lanjutnya,” janji Dasco.

Dasco pun menghimbau agar berbagai pihak tidak mencari kambing hitam dengan melempar tanggung jawab kesalahan kepada pihak tertentu.

“Ya baiknya kita jangan mencari kambing hitam permasalahan karena memang di Indonesia ini semua kementerian memegang data. Kemendagri pegang data berkaitan dengan pemilu, Kemenkes juga pegang data berkaitan dengan kesehatan, BPJS juga pegang data,” tegas Anggota Komisi III DPR RI ini.

Legislator asal Dapil Banten 3 ini pun menambahkan, saat ini yang diperlukan adalah duduk bersama untuk mencari solusi terbaik guna mencari pemecahan permasalahan kebocoran data ini daripada hanya mencari kambing hitam saja.

“Jadi kita memang kalau saling lempar mengenai tanggung jawab data yang bocor itu tidak ada habis-habisnya lebih baik kita sama-sama duduk untuk mencari solusi terbaik,” pungkas Sufmi Dasco Ahmad. MP-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *