Ones Pahabol: Pemimpin Harus Merangkul Masyarakat Dalam Hati Nurani

  • Whatsapp
Keterangan foto. Mantan Bupati Yahukimo dua periode Ones Pahabol (kemeja putih pakai kalung adat dan pakai topi adat) bersama rombongan berkunjung di daerahnya beberapa waktu lalu disambut masyarakat dengan suka cita dan antusias.
banner 468x60

Jayapura, MajalahPerwira – Nama sosok sentral DR Ones Pahabol, SE, MM ternyata masih kuat dalam ingatan rakyat Papua di Tanah Papua. Mantan kepala daerah dua periode memimpin Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Yahukimo, Papua ini namanya hingga kini masih sering dielu-elukan masyarakat, karena dianggap sebagai bapak peletak dasar pembangunan Yahukimo.

Hal ini bisa terliihat pada acara masyarakat setelah dirinya sudah tidak memimpin Pemkab Yahukimo. Namun, masyarajat di daerahnya terus merindukan kehadiran pemempin melegenda dan pencetus Yahukimo HEBAT ini.

“Saya sudah lima tahun tidak turun dan baru turun kemarin ke masyarakat yang saya pimpin. Mereka menjemput saya dengan suka cita. Dan selama ini lima tahun telah hilang dari tengah-tengah masyarakat,” kata Bapak Peduli Papua ini melalui pesan elektronik, Selasa (30/3/2021) pagi.

Ones Pahabol pantas disebut sebagai Bapak Peduli Papua dan Peduli Rakyat Papua, bahkan masyarakat dari segala unsur suku dan agama bangga akan dirinya.

Siapapun yang pernah merasakan kepemimpinannya, tentu selalu teringat akan Ones Pahabol. Bisa terlihat selama lima tahun dirinya tidak hadir di tengah-tengah masyarakat, betapa kerinduan itu terlihat dengan antusiasnya masyarakat sambut Bapak Peduli Papua ini datang berkunjung.

“Selama 10 tahun bersama mereka, setelah selesai masa kepemimpinan dan lima tahun saya belum kunjungi mereka dan mereka bagaikan anak ayam kehilangan induknya, dan kini mereka telah menemukan. Sambil syukur bagi Tuhan, hati nurani saya yang paling dalam telah terisi oleh mereka,” ujar mantan Bupati Yahukimo dua periode ini merasa tersentuh hatinya saat menyebut masyarakat yang dicintainya.

“Saya merasa ini bagaikan reuni kembali atau bertemu kangen kembali dengan mereka dan mengisi kembali hati nurani saya. Puji Tuhan perhatian mereka kepada saya begitu alami,” ucap Ones.

Ones Pahabol selama memimpin Yahukimo, pembangunan, pendidikan, kesehatan juga perekonomian dan sumber daya manusia serta sumber daya alam terus tercipta kemajuannya. Untuk itu, semua kesejahteraan rakyat terpenuhi.

Bagi Ones, rakyat didahulukan kesejahteraannya, karena rakyatlah dirinya merasa bisa menjadi pemimpin yang dipilih Tuhan. Semua yang ada diberikan Tuhan untuknya jangan disia-siakan.

Sebagai bapak peletak dasar pembangunan Yahukimo, tentunya sosok Ones Pahabol sudah mewakili segala unsur yang dirasakan oleh masyarakat setempat.

Selama kepemimpimannya sebagai Bupati Yahukimo, pertanian subur, pembangunan terus bertambah dan perekonomian masyarakat semakin membaik.

“Pemulihan suatu daerah dan kesejahteraan rakyatnya semakin baik itu semua berpulang dan mulai harus dari pemimpinnya,” tutur Ones.

Jadi tidak salah kalau Tuhan memilih Ones Pahabol lagi dalam deklarasi
Rapat Pembentukan Panitia Forum Komunikasi Silahturahmi Ke-Bhinekaan (FKSK) Provinsi Papua sebagai Ketua FKSK Provinsi Papua pada 13 Februari 2021 di Jayapura, Papua.

Terlebih lagi acara FKSK diprakarsai oleh Dewan Pertimbangan Presiden RI, Habib Luthfi bin Yahya demi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Juga sebagai Ketua Panitia Acara Silahturahmi Kebhinekaan Provinsi Papua yang akan dilaksanakan pada Mei 2021. Terpilihnya Ones Pahabol adalah sebagai simbol Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesian di Tanah Papua tercinta ini.

“Papua dalam seleksi orang sangat sulit sekali. Tidak gampang mencari kader-kader untuk memimpin suatu bangsa atau daerah dan juga rakyatnya. Jadi negara harus mempunyai dan memiliki kader anak bangsa di Papua ini yang terbaik. Jika salah pilih, maka keadaan yang sangat genting ini bisa menjerumuskan kesengsaraan rakyat dan kehancuran suatu daerah,” ucap Ones Pahabol tegas.

Sebagai perpanjangan tangan Tuhan, Ones tidak pernah lupa untuk terus menerus mengajak dan mengingatkan masyarakat akan Tuhan.

“Jangan pernah tinggalkan Tuhan di hati dan pikiran kita, dengan kita bersama Tuhan segala sesuatu diberikan jalan kemudahan,” tandas Ones Pahabol Bapak Peduli Papua.

Rangkul Masyarakat Dalam Hati Nurani

“Persoalan rakyat semua berpulang dari pemimpin. Kalau pemimpin yang merepotkan rakyatnya, jangan pilih pemimpin itu lagi. Mulai dari rakyat hingga pusat. Karena kelakuan pemimpin akibatnya rakyat yang terkena imbasnya,” kata Ones.

Dikatakan Ones, kita harus merangkul masyarakat agar dikenal dan menjadi pemimpin yang fundamental.

“Dalam hari nurani yang paling dalam saya siap bekerja untuk negeri ini, karena saya sudah pernah bekerja di negeri ini dan sudah terlalu banyak membantu daerah ini, serta sudah akomodir dengan segala macam masyarakat suku-suku yang ada di Papua,” ungkapnya.

“Rakyat akan tenang dan tenteram serta nyaman kalau pemimpin itu juga tenang dalam memimpin. Marilah kita merangkul masyarakat didalam hati nurani kita,” tutupnya. MP-Frida F

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *