Pengamat: Kapolri Harus Berani Sikat Oknum Polisi Bekingi Preman

  • Whatsapp
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
banner 468x60

Jakarta, MajalahPerwira – Langkah tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sedang memerangi aksi premanisme, harus dibarengi dengan pembersihan oknum-oknum polisi yang menjadi beking para preman. Karena keberadaan anggota polisi yang menjadi beking preman sudah meresahkan masyarakat.

“Kapolri bisa memerintahkan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) untuk itu,” kata kata pengamat kepolisian Ronald Siahaan, kepada wartawan di Jakarta, Senin (21/6/2021).

Read More

banner 300250

Ronald Siahaan menambahkan, Kapolri sebagai pempinan tertinggi Polri memiliki kewenangan untuk menggerakkan Kadiv Propam sebagai unsur pembantu Kapolri dalam penegakan disiplin internal anggota Polri.

Dengan perintah Kapolri itu, Kadiv Propam selanjutnya bisa memerintahkan kepada Kepala Biro Paminal yang ada di Div Propam untuk menindaklanjuti perintah tersebut dan melakukan pengecekan serta pendalaman informasi keberadaan anggota polisi yang menjadi beking preman.

“Ini harus dilakukan, untuk menjawab keresahan di tengah masyarakat,” tambahnya.

Menurut Ronald Siahaan, karena tanpa ada pembersihan dari internal kepolisian itu sendiri, perang terhadap preman ini hanya akan menyasar preman kelas teri. Sedangkan preman kelas kakap terus saja menjalankan aksinya dengan aman.

Selain itu, tambahnya, perang terhadap preman tidak akan efektif. Karena otak dan beking preman itu sama sekali tidak tersentuh aparat hukum. Di sinilah keberanian Kapolri Listyo Sigit sangat ditunggu masyarakat.

Ia menambahkan, jika selama ini kepolisian hanya merilis jumlah preman yang tertangkap, pada saatnya kepolisian juga harus berani membuka diri menyampaikan kepada masyarakat bahwa Polri melakukan pembenahan di internal, termasuk menindak anggota yang jadi beking para preman.

“Keterbukaan di tubuh Polri ini akan berdampak positif dan meningkatkan kepercayaan publik pada kepolisian,” kata Ronald Siahaan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *