Politikus PKS: Dirgahayu ke-70, Polri Lebih Dekatkan Diri Ke Masarakat

  • Whatsapp
banner 468x60

MAJALAHPERWIRA, JAKARTA  –  Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboebakar Al-Habsyi, menilai, di HUT Bhayangkara ke 70, Polri seharusnya sudah menyadari perlunya mendekatkan diri dan memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat.

Baginya, upaya Polri ke arah sana adalah nilai positif yang sudah diikuti dengan berbagai upaya untuk perbaikan internal korps. Namun, menurut dia, bisa jadi capaiannya belum ideal, seperti terlihat pada persoalan penanganan terorisme yang banyak dituding melanggar HAM. Selain itu, ada penanganan unjuk rasa yang dinilai masih represif, penggunaan kekuatan yang dinilai berlebihan untuk penggusuran, hingga banyaknya oknum polisi nakal yang terlibat narkoba.

“Oleh karenanya, reformasi kepolisian merupakan salah satu pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan,” kata Habib Aboebakar, Jumat (1/7/2016).

Karenanya, saat fit and proper test calon Kapolri, Habib mengaku mempertanyakan hal tersebut kepada Tito Karnavian, untuk mengetahui bagaimana concern dan arah ketika nanti memimpin.

Alhamdulillah beliau memiliki komitmen yang kuat untuk melanjutkan reformasi di Kepolisian. Saya rasa hal ini harus menjadi perhatian utama dari Kapolri, karena Polri adalah institusi yang besar dan memiliki struktur hingga kecamatan,” jelasnya.

“Potensinya sangat besar, sehingga apabila memang memiliki kekurangan, atau masih terjadi kesalahan dalam menjalankan tugas, perlu dilakukan evaluasi dan pembinaan yang baik.”

Bagi Habib Aboebakar, di usia ke-70, Polri seharusnya telah memiliki kematangan secara organisatoris dalam menjalankan tugasnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bila proses reformasi Polri bisa berjalan dengan baik, dia yakin masyarakat akan merasa memiliki dan akan mengembalikan kepercayaan kepada Polri.

Secara teknis, kata Habib, banyak tumbuhnya forum komunikasi Polisi dan masyarakat merupakan salah satu indikasi semakin dekatnya pelayanan Kepolisian dengan masyarakat. Di sisi lain dengan dikembangkannya prosedur informasi penyidikan melalui Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan juga merupakan langkah maju dalam penegakan hukum.

“Langkah-langkah strategis tersebut harus diikuti dengan kinerja aparat yang profesional dan kredibel. Di sinilah diperlukan penguatan kapasitas internal yang baik, sehingga meningkatkan kualitas SDM Polri,” kata dia.

“Selain itu diperlukan pula pengawasan yang kuat agar tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.‎”

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *