Proteksi Pekerja dan UMKM, KMS Gandeng BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp
Acara Kolaborasi KMS dan BPJS Ketenagakerjaan
banner 468x60

SIDOARJO, MP -Komunitas Masyarakat Sidoarjo (KMS) membangun kerjasama dengan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk sosialisasi proteksi diri terhadap resiko pekerjaan disektor informal dan UMKM.

“Ini adalah bentuk komitmen KMS dalam memberikan edukasi dan proteksi jaminan sosial, khususnya bagi anggota KMS yang melakukan kegiatan perekonomian di sector UMKM,” ujar Ketua KMS, Drg. Dwi Wahyu Indrawati,M.Kes. S.PERIO dalam acara di Hotel FAVE Jl.Jenggolo, Sidoarjo, Jumat (20/3/2021).

Read More

banner 300250

Dokter Dwi melanjutkan, heterogenitas anggota KMS yang datang dari banyak golongan, latar belakang profesi dan pekerjaan harus diberikan proteksi jaminan sosial.

“Mereka adalah salah satu tulang punggung pembangunan Kabupaten Sidoarjo khususnya dibidang perekonomian,” ungkapnya.

Karena itu, Dwi melanjutkan, KMS sangat sadar bahwa kolaborasi dengan BPJS adalah bentuk nyata dalam penguatan perisai jaminan sosial di bidang ketenagakerjaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan Khusus BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, Yuvita Isnania, mengatakan BPJS Ketenagakerjaan memang ditunjuk untuk memberikan perlindungan atas risiko sosial bagi para pihak yang bekerja.

Dia memberikan contoh, dengan hanya membayar premi atau iuran mulai dari Rp.16.800 per bulan, para pekerja sudah mendapatkan jaminan kecelakaan dan kematian.

“Saya yakin iuran ini pasti lebih murah dari harga Lipstik mommy-mommy cantic dan kece yang hadir dalam acara ini,” ucapnya.

Yuvita mengajak seluruh anggota KMS bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ibaratnya, sedia payung karena kita tidak tahu kapan datangnya hujan.

Setidaknya dengan terdaftar menjadi peserta, kata Yuvita, maka kita sudah memberikan rasa aman kepada keluarga untuk melanjutkan kehidupan dan sekolah untuk putra-putri.

“Semoga komunikasi dan silaturahmi ini tidak berheti sampai disini saja, kedepannya BPJS Ketenagakerjaan akan proaktif memberikan informasi dan bantuan yang datang dari PEMDA melalui kami,” pungkas Yuvita.

Dari pantauan media yang dikondisikan Abdul Majid, acara sosialisasi yang dipandu oleh pembwa acara Guk IVAN ini diikuti lebih dari 50 peserta yang mewakili semua golongan dan profesi anggota KMS.

Para peserta juga tampak antusias menyimak presentasi terkait jenis produk, pelayanan, fasilitas, hingga proses klaim produk BPJS Ketenagakerjaan yang disampaiakan oleh Bapak Janerson.

Sesi diskusi yang dipandu oleh Ibu Yuvita Isnianijuga terlihat ramai dari pertanyaan para peserta. . Selain acara inti sosialisasi, event ini juga lebih semarak dengan tampilnya Emak-emak dari sanggar senam DJANOKO dan Cooking Class dari komunitas memasak KARTINI. (Majid)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *