Saan Mustopa: Waktu Penyelenggaraan Pemilu 2024 Ditentukan Setelah Masa Reses DPR RI

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, MajalahPerwira – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa memastikan tanggal penyelenggaraan Pemilu 2024 akan diputuskan setelah reses DPR RI, yakni pada bulan November 2021 mendatang.

“Tanggal-tanggal nanti akan kita bicarakan lagi. Ya kemungkinan habis reses. Karena kita kan besok sudah penutupan masa sidang,” kata Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (6/10/2021).

Saan mengungkapkan, partainya yakni Partai NasDem dari telah sepakat dengan pemerintah yang mengusulkan tanggal 15 Mei 2024 sebagai tanggal penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang dengan berbagai pertimbangan.

“Kalo NasDem dari awal sudah sepakat kalau NasDem memang mendukung apa yang diusulkan pemerintah tanggal 15 Mei dengan berbagai pertimbangan. Efisiensi anggaran, efektivitas sisa pemerintahan, kalau Mei transisinya relatif lebih pendek. Ketiga kualitas pemilu itu sendiri yang jadi concern NasDem,” ujar Ketua DPW Partai NasDem Jabar ini.

Saan menyatakan, saat ini masih terjadi perbedaan pandangan antar parpol di parlemen, bahkan di koalisi pemerintah terkait tanggal dan bulan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.

“Di partai koalisi sendiri belum satu suara terkait tanggal ini. Seperti PDIP, ternyata lebih condong ke tanggal 21 Februari. Masih karena masih banyak pandangan tadi dengan argumentasi yang berbeda-beda,” beber Saan.

Lebih lanjut, Saan memastikan, Pemilu tetap akan dilaksanakan pada tahun 2024 dan tidak ada pembicaraan mengenai dimundurkannya Pemilu mendatang.

“Kalau soal pemilu sudah firm ya. Itu 2024. Itu sudah kita pastikan 2024 itu ada Pemilu. Nah sekarang itu yang kita tentukan adalah terkait dengan soal tanggal dan bulan, itu saja yang akan dibahas,” jelas Saan.

Legislator asal Dapil Jabar 7 ini menerangkan, pembahasan mengenai tanggal dan bulan pelaksanaan Pemilu berlangsung cukup alot lantaran saat ini sedang dilanda pandemi oleh karenanya perlu keputusan yang tepat untuk melaksanakan Pemilu 2024 ini.

“Nah kenapa kita tentukan tanggal dan bulan, tentu ada yang memahami ini realitas kita hari ini dalam suasana kritis dan krisis ya pasca pandemi dan sebagainya, tapi ada juga yang berpikiran bahwa oke ada pandemi tapi kan proses beban kerumitan penyelanggara juga harus dipikiran. Nah ini saja yang jadi soal,” pungkas Saan Mustopa. MP-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *