Sewindu Wafatnya Taufiq Kiemas, Puan Bersyukur Pernah Digembleng Sang Ayah

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, MajalahPerwira – Ketua DPR RI Puan Maharani hadir dalam acara mengenang sewindu wafatnya Ketua MPR RI periode 2009-2013 Taufiq Kiemas, Selasa (8/6/2021). Dalam kesempatan itu, Puan kembali teringat akan jasa dan ajaran Taufiq, serta bersyukur pernah digembleng langsung oleh mendiang yang dikenal sebagai ‘perajut silaturahmi kebangsaan’ tersebut.

Puan mengungkapkan, keluarga besarnya merasakan kehilangan mendalam ketika Taufiq Kiemas berpulang menghadap sang pencipta delapan tahun lalu.

“Sebuah kehilangan bukan hanya beliau sebagai seorang suami bagi Ibu Megawati, dan ayah bagi kami. Tetapi juga kami merasa kehilangan seorang guru, mentor, dan panutan politik dalam perjuangan serta pembimbing kami dalam kehidupan,” tutur politisi PDI Perjuangan ini.

“Saya merasa sangat bersyukur, bahwa sebagai seorang putri dan sekaligus kader almarhum Pak Taufiq, saya telah banyak belajar dan berguru tentang berbagai hal termasuk dalam perjuangan di dunia politik semasa beliau hidup,” sambung Puan, yang menyampaikan sambutan mewakili keluarga besar Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri.

Ketua DPP PDI Perjuangan itu mengungkapkan, gemblengan Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri yang membentuk karakter politiknya saat ini.

“Semuanya adalah berkat penggemblengan tangan dingin kedua orangtua saya,” kata Puan.

Gemblengan itu, kata Puan, sudah dia dapat saat mendampingi Megawati berjuang di era Orde Baru, dan kemudian dirinya menjadi pengurus DPP PDI Perjuangan, lalu terpilih menjadi anggota dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, menjadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), serta kini menjadi perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI.

“Kaderisasi dan penggemblengan yang saya alami dan rasakan sejak zaman ketika ikut Ibu saya ‘bergerilya’ saat dikuyo-kuyo zaman Orde Baru,” ungkap Puan.

Acara mengenang sewindu wafatnya Taufik Kiemas dilaksanakan dari Masjid At Taufiq dan diawali salat maghrib berjemaah, serta diikuti secara virtual oleh Megawati Soekarnoputri dan keluarga besarnya, serta masyarakat luas.

Masjid At Taufiq merupakan masjid keluarga almarhum Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri, yang dibangun untuk mengenang jasa-jasa penggagas Empat Pilar MPR RI tersebut.

“Peringatan ini kami laksanakan sebagai pengingat kami untuk terus berjuang melanjutkan semangat dan cita-cita serta api perjuangan almarhum Pak Taufiq Kiemas,” ujar Puan.

Pada acara itu, Ketua PBNU Said Aqil Siraj menyampaikan testimoninya, Taufiq Kiemas adalah seorang figur negarawan yang sangat nasionalis, relijius, dan memegang teguh nilai-nilai kebhinekaan.

“Banyak hikmah yang saya ambil dari Pak Taufiq Kiemas, yang saya ambil pelajaran ketika mendampingi Bu Mega melewati masa-masa sulit, sabar dan tawakal,” tukas Said.

“Beliau nasionalis 100 persen, relijius. Seorang juru damai. Saat saya mendampingi beliau naik haji, bacaan Al Qur’an-nya sangat fasih,” sambung Said.

Selain itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir juga menyampaikan testimoni, Taufik Kiemas merupakan figur yang menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Haedar menilai Taufiq sebagai figur yang ramah, pergaulan lintas batas, peduli dan empati pada kaum muda.

“Bagi Muhammadiyah, beliau selalu bersama kami merajut hubungan personal dan kebangsaan,” ungkap Haedar. MP-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *