Tiru Jerman Atasi Berita Hoax, Kemenkominfo Gandeng Facebook

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, MajalahPerwira.com.  Melihat pemerintah Jerman yang berani tegas kepada Facebook dalam pengenaan sanksi sebesar Rp 7 miliar jika tidak berhasil menyaring berita bohong (hoax), dinilai bisa diterapkan di Indonesia.

Hal itu dikatakan Menteri Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Rudiantara terkait rencana untuk membuat peraturan tentang pemberitaan hoax. Menurutnya, peraturan ini bisa dibuat dalam bentuk undang-undang (UU) atau kebijakan lainnya.

“Kita juga ga tahu kapan jadinya. Kita kan UU bisa setahun, dua tahun, tapi yang penting bagi kita, kita manfaatkan momentum itu‎,” ujar Rudi kepada wartawan di Istana Presiden, Selasa (17/1/2017).

Dia berharap pertemuan dengan perusahaan Facebook bisa menjadi pintu awal Pemerintah Indonesia untuk menjaring pemberitaan yang ramai di media.

Selain dengan perusahaan media, pihaknya juga akan menggandeng civil society organization. Sebab, menurut Rudi, untuk menyelesaikan permasalahan konten yang tidak benar bukan hanya semata-mata tugas Pemerintah.

“Justru melalui masyarakat dan komunitas yang lebih mengerti kondisi seharusnya. Kita akan ajak mereka agar bisa ikut serta dalam anti hoax,” katanya. MP-AZA

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *