Tolak Presiden 3 Periode, HNW: Tak Ada Agenda MPR RI Amandemen UUD Masa Jabatan Presiden 3 Periode

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, MajalahPerwira – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Republik Indonesia (MPR RI) Hidayat Nur Wahid (HNW) menegaskan tidak ada agenda di MPR RI untuk mengamandemen kembali UUD untuk memperpanjang masa jabatan Presiden 3 Periode.

“Wacana lama yang diangkat lagi oleh Arief Poyuono pada Sabtu (13/3/2021) untuk menambah masa jabatan Presiden menjadi tiga periode, agar SBY dan Jokowi bisa maju lagi dalam Pilpres 2024, perlu dikritisi dan ditolak juga, karena tidak sesuai dengan UUD dan amanat reformasi,” kata HNW kepada para awak media, Senin (15/3/2021).

Read More

banner 300250

HNW mengingatkan, ketika wacana itu pertama kali dimunculkan pada November 2019, Presiden Jokowi sendiri sejak saat itu telah menolak wacana tersebut, dan menyebut usulan masa jabatan presiden tiga periode itu muncul dari pihak yang cari muka, dan usulan itu tindakan yang menampar wajahnya.

“Menyikapi usulan perpanjangan masa jabatan Presiden 3 periode, yang dimunculkan kembali, Jubir Presiden Jokowi juga menegaskan sikap Presiden Jokowi yang menolak wacana itu dan tegak lurus mengikuti ketentuan UUD, masa jabatan Presiden adalah 2 periode,” tegas mantan Ketua MPR RI ini.

Menurut HNW, yang terjadi pada 13 dan 14 Maret 2021 justru sebagian besar pimpinan MPR selain dari PKS juga dari PDIP, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, dan PPP sudah secara terbuka menyatakan tidak ada agenda amandemen UUD NRI 1945 untuk memperpanjang masa jabatan Presiden hingga tiga periode.

“Ini merupakan komitmen pimpinan MPR RI untuk menjaga amanat Reformasi dengan melaksanakan UUD NRI 1945 pasal 7 yang menyatakan, masa jabatan Presiden dan Wapres selama lima tahun dan sesudahnya dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.

HNW menegaskan, hal itu merupakan sikap kolektif pimpinan MPR RI untuk menjaga amanat reformasi.

“Hal ini agar tidak terulang kondisi politik yg KKN dan tidak demokratis seperti pada masa Orba, karena berkepanjangannya masa jabatan Presiden,” pungkas HNW.

Wacana masa jabatan Presiden tiga periode ini kembali dilontarkan oleh segelintir pihak, salah satunya Arief Poyuono (mantan wakil ketua umum Gerindra). Mantan Ketua MPR RI Amien Rais kemudian hanya menyampaikan warning keras agar wacana ini tidak menjadi kenyataan. MP-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *